Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kepuasan baik
secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah
Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 nasabah Bank Syariah
Indonesia dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi
linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan (X1)
secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah (Y) dibuktikan dengan hasil nilai t statistik sebesar 8,294 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel kepuasan (X2) nilai t statistik sebesar
2,578 dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05, dengan demikian variabel
kepuasan (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah (Y). Hasil Uji F dengan nilai Fstatistik 205,699 dengan signifikansi 0,000.
Hasil ini membuktikan bahwa secara simultan variabel kepercayaan dan kepuasan
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]