Show simple item record

dc.contributor.authorRIZAL, M. Saiful
dc.contributor.authorKantun, Sri
dc.contributor.authorKartini, Titin
dc.date.accessioned2021-10-11T04:19:35Z
dc.date.available2021-10-11T04:19:35Z
dc.date.issued2019-09-02
dc.identifier.issnKODEPRODI0210301#Pendidikan Ekonomi
dc.identifier.issnNIDN0007105802
dc.identifier.issnNIDN0005128004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105341
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Plus Sunan Drajat Jember pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,67 meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata 3,62. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 78,03 dengan ketuntasan klasikal 71,42% menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,86% pada siklus II.en_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Ekonomien_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectMINAT BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectBENTUK PASAR DALAM KEGIATANen_US
dc.subjectSMPen_US
dc.titlePenerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record