Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Plus Sunan Drajat Jember pada mata pelajaran IPS
kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat semester genap
tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2
siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode
observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori sedang
dengan skor rata-rata sebesar 2,67 meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata
3,62. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 78,03
dengan ketuntasan klasikal 71,42% menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,86% pada siklus
II.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]