Pengembangan LKS Kelas 7 SMP Aritmetika Sosial dan Penggunaanya dalam Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom
Date
2021-04-01Author
HOBRI, Hobri
AJENG KARTIKA PUTRI, Meilysa
MURTIKUSUMA, Randi Pratama
OKTAVIANINGTYAS, Ervin
PAMBUDI, Didik Sugeng
Metadata
Show full item recordAbstract
LKS ini berjenis LKS terstruktur dan dikembangkan untuk Kelas 7 SMP dengan pokok bahasan
Aritmetika Sosial dan penggunaanya dalam pembelajaran blended learning tipe flipped classroom.
LKS ini didesain seperti aplikasi android dengan kodular. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengembangkan LKS aritmetika sosial dan penggunaanya yang valid, praktis dan efektif untuk kelas
7 SMP dalam pembelajaran blended learning tipe flipped classroom. Model pengembangan yang
digunakan dalam mengembangkan LKS ini adalah Four D Model. Metode untuk melakukan penelitian
ini berupa metode observasi untuk mengetahui keefektifan serta kepraktisan, metode tes dan metode
angket digunakan untuk mengetahui keefektifan dari LKS.Penelitian ini menghasilkan LKS yang
memenuhi kategori valid berdasarkan skor hasil validasi (3,6 dari 4,00) berdasarkan hasil dari
validator. LKS ini diperoleh kesimpulan sangat baik dan dinyatakan praktis (94,73%) berdasarkan
observasi aktivitas guru. LKS dengan pokok bahasan aritmetika sosial dan penggunaanya dalam
blended learning tipe flipped classroom dikatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang tuntas
secara klasikal (100%), observasi aktivitas siswa (96,88%) dan respon siswa (100%).
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]