Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi Kabupaten Banyuwangi
Date
2020-06-02Author
septy amaliyah, RIZKA
hasanuddin, AKHMAD
kriswardhana, WILLY
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan jumlah kunjungan kapal di setiap tahunnya harus diimbangi dengan kinerja pelayanan yang
baik. Kinerja pelayanan dari suatu pelabuhan dapat diukur dari sedikitnya waiting time, cepatnya waktu
pelayanan pemanduan dan seefektif kapal berada pada dermaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengkaji mengenai kinerja pelayanan Pelabuhan Tanjung Wangi berdasarkan indikator waiting time, approach time, effectife time berbanding berth time yang dibandingkan dengan standar kinerja
operasional pelabuhan dan untuk mencegah peningkatan jumlah kunjungan kapal pada tahun yang akan
datang perlu dilakukan proyeksi nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) jangka panjang menggunakan
regresi linier dan memproyeksikan panjang dermaga rencana. Berdasarkan hasil penelitian, pelabuhan
tanjung wangi memiliki kinerja yang masih memenuhi nilai standar operasional pelabuhan yaitu (effektif
time : berth time) sebesar 60,39% dan nilai maksimum BOR pada tahun 2030 ialah 87,31% dengan
panjang dermaga rencana pada tahun 2030 sepanjang 380 meter.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]