Pengaruh Kompetensi Agen Asuransi Terhadap Kepercayaan Pelanggan Produk Surety Bond PT Askrindo Cabang Jember
Abstract
Menurut Nawawi (2002) kompetensi memiliki tiga kriteria yang terdiri
dari knowledge criteria, performance criteria dan product criteria. Barker, A.T.
(1992:95-104) mengungkapkan bahwa segala kompetensi yang dimiliki oleh
tenaga penjualan (agen) dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk mendorong
pelanggan percaya terhadap perusahaan.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dan dalam
penelitian ini menggunakan penelitian analisis pendekatan konfirmatori. Sebagai
salah satu tehnik analisis multivariate, Analisis konfirmatori memungkinkan
dilakukannya analisis terhadapserangkaian hubungan secara simultan sehingga
memberi efisiensi secara statistik (Ferdinand, 2002). Untuk memperoleh data
yang dapat diuji kebenarannya dan sesuai dengan masalah yang diteliti secara
lengkap maka digunakan teknik yang digunakan adalah teknik kuesioner,
Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk
dijawabnya (Sugiyono, 2004).
Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel Knowledge criteria tidak
berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan menunjukkan nilai probabilitas
0,242 dibawah nilai yang direkomendasikan yaitu 0,05. Variabel performance
criteria tidak berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan menunjukkan nilai
probabilitas 0,589 dibawah nilai yang direkomendasikan 0,05. Variabel product
criteria berpengaruh signifikan positif terhadap kepercayaan pelanggan
menunjukkan nilai signifikansi 0,003 diatas nilai yang direkomendasikan yaitu
0,05.