Pemaknaan Brand Awarness Tas Elizabeth Sebagai Bentuk Identitas dan Komunikasi Gaya Hidup Sosial (Studi Kasus Mahasiswi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Date
2020-04-01Author
JUMAIYAH, Karimatul
SUHARSO, Pudjo
HARTANTO, Wiwin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kini penampilan menjadi faktor utama dalam menilai status sosial seseorang. Hal yang menyebabkan
masyarakat lebih konsumtif karena mereka akan memperbarui penampilan menurut budaya populer
dilingkungannya. Budaya populer dilingkungan mahasiswi Pendidikan Ekonomi menggunakan tas Elizabeth,
dengan menggunakan tas Elizabeth mahasiswi terlihat lebih percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pemaknaan brand awareness tas Elizabeth sebagai bentuk identitas dan komunikasi gaya
hidup sosial (studi kasus mahasiswi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Jember). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode
dokumentasi. Tahap analisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu perbedaan pandangan mahasiswi Pendidikan Ekonomi terhadap tas
Elizabeth. Mereka menggunakan tas Elizabeth sebagai penilaian status sosial setiap mahasiswi karena tas
Elizabeth memiliki brand image yang baik dilingkungan mahasiswi Pendidikan Ekonomi. Bukan hanya dari
brand image, mahasiswi menyadari keunggulan lain yang dimiliki oleh tas Elizabeth. Tas Elizabeth dinilai
memiliki kualitas yang baik, model tasnya up to date, memiliki berbagai macam bentuk yang lucu dan tidak
mudah rusak. Kesadaran konsumen tentang keunggulan tas Elizabeth inilah menjadi hal terpenting karena tas
Elizabeth akan tetap diingat oleh para konsumennya dari segi keunggulan yang dimiliki.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]