• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Anak TK Kelompok B

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Jurnal_Khutobah_PENGEMBANGAN MEDIA MOTIF.pdf (583.8Kb)
    Date
    2020-05-01
    Author
    MAGFIROH, Dwi Nur Meilani
    KHUTOBAH, Khutobah
    BUDYAWATI, Luh Putu Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian pengembangan ini dilakukan di TK Kartika IX-35 Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019-2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam pembelajaran berbasis multiple intelligence pada anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, dan angket/kuisioner. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan tipe Borg and Gall, karena tipe ini digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Tahapan penelitian terdiri dari tahap mengidentifikasi masalah, tahap pengumpulan data, tahap mendesain produk, tahap validasi desain produk, tahap revisi desain produk, tahap uji coba produk, tahap revisi produk, dan tahap uji coba pemakaian. Uji pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif) terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil pengembangan media pembelajaran MOTIF (Monopoli Edukatif) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan validator praktisi. Pembelajaran dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang menunjukkan nilai di atas rata-rata, respon guru yang positif ketika mengajar menggunakan media monopoli edukatif, dan anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100698
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7377]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository