Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Anak TK Kelompok B
Date
2020-05-01Author
MAGFIROH, Dwi Nur Meilani
KHUTOBAH, Khutobah
BUDYAWATI, Luh Putu Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan di TK Kartika IX-35 Kecamatan
Patrang, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019-2020. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif)
dalam pembelajaran berbasis multiple intelligence pada anak kelompok B di TK Kartika
IX-35 Patrang, Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi,
observasi, dan angket/kuisioner. Penelitian ini menggunakan model penelitian
pengembangan tipe Borg and Gall, karena tipe ini digunakan untuk mengembangkan dan
memvalidasi produk-produk dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Tahapan
penelitian terdiri dari tahap mengidentifikasi masalah, tahap pengumpulan data, tahap
mendesain produk, tahap validasi desain produk, tahap revisi desain produk, tahap uji
coba produk, tahap revisi produk, dan tahap uji coba pemakaian. Uji pengembangan
media MOTIF (Monopoli Edukatif) terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji
keefektifan. Hasil pengembangan media pembelajaran MOTIF (Monopoli Edukatif)
dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan
validator praktisi. Pembelajaran dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang
menunjukkan nilai di atas rata-rata, respon guru yang positif ketika mengajar
menggunakan media monopoli edukatif, dan anak lebih antusias dalam kegiatan
pembelajaran. Pembelajaran dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang
menunjukkan persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]