• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitif

    Thumbnail
    View/Open
    Dianita Tussolikha - 160210101012_.pdf (1.543Mb)
    Date
    2020
    Author
    TUSSOLIKHA, Dianita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam matematika yang diperlukan siswa untuk menerapkan dan mengintegrasikan banyak konsep matematika dan keterampilan untuk membuat keputusan. Berdasarkan hasil survey PISA, Indonesia selalu mendapat skor dibawah rata-rata Internasional. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya latihan untuk mengerjakan soal-soal yang menuntut berpikir tingkat tinggi dan faktor kognitif siswa, dimana masing-masing siswa memiliki gaya kognitif berbeda. Gaya kognitif dalam penelitian ini adalah gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Gaya kognitif tersebut mempengaruhi siswa dalam merespon suatu masalah dan strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa field dependent (FD) dan siswa field independent (FI) dalam menyelesaikan soal jumping task. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemecahan masalah berbasis jumping task, pedoman wawancara serta lembar validasi. Keseluruhan instrumen ini telah diuji validasi dan telah dinyatakan valid. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Jember dengan 30 siswa yang terdiri dari 5 siswa field dependent (FD) dan 25 siswa field independent (FI). Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2020 sampai 21 Januari 2020 dengan memberikan tes soal pemecahan masalah berbasis jumping task terhadap 30 siswa. Dalam penelitian ini, pengambilan subjek wawancara dilakukan dengan mengambil siswa yang menjawab dua permasalahan yang keduanya benar dan salah. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa FD berkemampuan baik dalam menyelesaikan masalah yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, cukup mampu membedakan informasi yang penting dan tidak, mampu merencanakan penyelesaian dengan benar, mampu memecahkan masalah dengan benar, mampu menuliskan kesimpulan dengan benar, dan cenderung untuk membaca soal kembali dan mencocokkannya dengan hasil yang diperoleh untuk memeriksa kembali, namun belum mampu membuktikan kebenaran jawaban yang diperoleh. Selanjutnya, berdasarkan hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa berkemampuan baik sekali dalam menyelesaikan soal jumping task mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap dan mampu membedakan informasi yang penting dan tidak, mampu merencanakan penyelesaian dengan benar, mampu memecahkan masalah dengan benar, mampu menuliskan kesimpulan dengan benar dan cenderung untuk melihat apa yang ditanyakan pada soal kemudian memilih jawaban yang sesuai untuk memeriksa kembali, namun belum mampu membuktikan kebenaran jawaban yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa FD dan FI berkemampuan sangat kurang memiliki deskripsi yang serupa yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, cukup mampu membedakan informasi yang penting dan tidak, kurang mampu merencanakan penyelesaian, dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian siswa memecahkan masalah dengan menghasilkan jawaban yang kurang tepat dan tidak menuliskan kesimpulan serta tidak mampu membuktikan kebenaran jawaban dalam tahap memeriksa kembali.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99427
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository