Show simple item record

dc.contributor.advisorHOBRI
dc.contributor.advisorOKTAVIANINGTYAS, Ervin
dc.contributor.authorTUSSOLIKHA, Dianita
dc.date.accessioned2020-06-29T02:53:01Z
dc.date.available2020-06-29T02:53:01Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99427
dc.description.abstractKemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam matematika yang diperlukan siswa untuk menerapkan dan mengintegrasikan banyak konsep matematika dan keterampilan untuk membuat keputusan. Berdasarkan hasil survey PISA, Indonesia selalu mendapat skor dibawah rata-rata Internasional. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya latihan untuk mengerjakan soal-soal yang menuntut berpikir tingkat tinggi dan faktor kognitif siswa, dimana masing-masing siswa memiliki gaya kognitif berbeda. Gaya kognitif dalam penelitian ini adalah gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Gaya kognitif tersebut mempengaruhi siswa dalam merespon suatu masalah dan strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa field dependent (FD) dan siswa field independent (FI) dalam menyelesaikan soal jumping task. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemecahan masalah berbasis jumping task, pedoman wawancara serta lembar validasi. Keseluruhan instrumen ini telah diuji validasi dan telah dinyatakan valid. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Jember dengan 30 siswa yang terdiri dari 5 siswa field dependent (FD) dan 25 siswa field independent (FI). Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2020 sampai 21 Januari 2020 dengan memberikan tes soal pemecahan masalah berbasis jumping task terhadap 30 siswa. Dalam penelitian ini, pengambilan subjek wawancara dilakukan dengan mengambil siswa yang menjawab dua permasalahan yang keduanya benar dan salah. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa FD berkemampuan baik dalam menyelesaikan masalah yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, cukup mampu membedakan informasi yang penting dan tidak, mampu merencanakan penyelesaian dengan benar, mampu memecahkan masalah dengan benar, mampu menuliskan kesimpulan dengan benar, dan cenderung untuk membaca soal kembali dan mencocokkannya dengan hasil yang diperoleh untuk memeriksa kembali, namun belum mampu membuktikan kebenaran jawaban yang diperoleh. Selanjutnya, berdasarkan hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa berkemampuan baik sekali dalam menyelesaikan soal jumping task mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap dan mampu membedakan informasi yang penting dan tidak, mampu merencanakan penyelesaian dengan benar, mampu memecahkan masalah dengan benar, mampu menuliskan kesimpulan dengan benar dan cenderung untuk melihat apa yang ditanyakan pada soal kemudian memilih jawaban yang sesuai untuk memeriksa kembali, namun belum mampu membuktikan kebenaran jawaban yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa FD dan FI berkemampuan sangat kurang memiliki deskripsi yang serupa yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, cukup mampu membedakan informasi yang penting dan tidak, kurang mampu merencanakan penyelesaian, dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian siswa memecahkan masalah dengan menghasilkan jawaban yang kurang tepat dan tidak menuliskan kesimpulan serta tidak mampu membuktikan kebenaran jawaban dalam tahap memeriksa kembali.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries160210101012;
dc.subjectKemampuanen_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectMenyelesaikan Soalen_US
dc.subjectJumping Tasken_US
dc.subjectGaya Kognitifen_US
dc.titleKemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitifen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record