Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Refinancing PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Jember
Abstract
Dalam perusahaan jasa, kualitas pelayanan adalah satu hal yang selalu diperhatikan karena baik dan
buruknya  suatu  perusahaan  ditentukan  oleh  kualitas  pelayanan  yang  diberikan  kepada
konsumennya.  Dari kualitas pelayanan itu pula dapat diketahui tingkat kepuasan pelanggan yang
datang ke tempat  tersebut.  Dan ketika seorang konsumen merasa puas  dengan pelayanan yang
didapatnya  dari  tempat  tersbut  maka  dengan  sendirinya  konsumen  itu  menjadi  loyal  terhadap
perusahaan  tersebut.  Dalam penelitian  ini,  rumusan  masalah  yang  digunakan  adalah  adakah
pengaruh  kualitas  pelayanan  terhadap  tingkat  kepuasan  pelanggan  refinancing PT  Federal
International Finance Cabang Jember.
Adapun tujuan dari  penelitian ini  yaitu ingin mengetahui  ada  atau tidaknya  pengaruh  kualitas
pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan.
Metodologi  penelitian  yang  digunakan  adalah  metode  assosiatif  kausal  dengan  pendekatan
kuantitatif. Sampel yang diambil adalah 80 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin
merupakan pelanggan yang telah melakukan aktifitas  refinancing sebanyak dua kali  atau lebih
menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel  dengan
pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilakukan di PT. Federal International Finance Cabang Jember
pada tanggal 09 April 2012 sampai dengan 09 Juni 2012. Pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan studi pustaka.
Analisis data yang dipergunakan oleh penulis adalah menggunakan analisis regresi linier berganda
yaitu dengan mengukur ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan
pelanggan.  Pengukuran  tingkat  kualitas  pelanggan  menggunakan  lima  indikator  yaitu  Bukti
Langsung  (Tangibles),  Keandalan  (Realiabiliy),  Daya  Tanggap  (Responsiveness),  Jaminan
(Assurance), dan Empati (Emphaty).
Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  pengaruh  yang  signifikan  pada  kualitas
pelayanan tingkat kepuasan pelanggan.  Dari hasil uji regresi berganda dihasilkan persamaan Y = 
4,612 + 0,369 X
1
 + 0,022X
2
 + 0,043X
3
 + 0,078X
4
 + 0,047X
. Dari perhitungan didapat t hitung
yang lebih besar daripada t  tabel  (11,003>2,000) dan F hitung yang juga lebih besar daripada F 
5
tabel  (52,473>2,35).  Perhitungan  tersebut  menunjukkan  bahwa  kualitas  pelayanan  mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap tingkat  kepuasan pelanggan sehingga berdampak peningkatan
kualitas  pelayanan  untuk  mendapatkan  kepuasan  pelanggan  yang  maksimal.  Besar  pengaruh
kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan adalah sebesar 60,8%.
