• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROFIL ASSESSMENT GURU MATEMETIKA SMK DI KOTA PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Umi Kulsum_001.pdf (835.0Kb)
    Date
    2013-09-05
    Author
    Umi Kulsum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum, assessment dapat diartikan sebagai proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan tentang siswa baik yang menyangkut kurikulum, program pembelajaran, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Sehingga dapat diartikan pula bahwa assessment matematika merupakan suatu proses perolehan data atau informasi tentang penguasaan keterampilan matematika seorang siswa sebagai bahan dalam menyusun suatu program pembelajarannya. Permasalahan pokok dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran adalah cara mencapai tujuan tersebut serta bagaimana mengetahui bahwa tujuan tersebut telah tercapai. Oleh karena itu, assessment matematika perlu disusun untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pemahaman guru matematika tentang assessment matematika, pelaksanaan assessment matematika, dan pengembangan assessment matematika oleh guru matematika SMK di Kota Probolinggo. Penelitian ini dilakukan di 4 SMK Negeri dan 7 SMK Swasta, yaitu SMKN 1 Probolinggo, SMKN 2 Probolinggo, SMKN 3 Probolinggo, SMKN 4 Probolinggo, SMK Muhammadiyah 1, SMK Muhammadiyah 2, SMK Taman Siswa 1, SMK Taman Siswa 2, SMK Siang, SMK Sore, SMK Ahmad Yani, dan SMK PGRI. Penelitian dilakukan pada tanggal 31 Oktober-21 Nopember 2011. Subyek penelitiannya adalah guru matematika di SMK tersebut yaitu sebanyak 26 guru matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiannya kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa tingkat pemahaman guru matematika SMK di Kota Probolinggo tentang assessment matematika meliputi: mengetahui pengertian assessment, mengetahui perbedaan assessment, evaluasi, dan tes, mengetahui komponen/aspek assessment, mengetahui landasan (Undang- Undang/Peraturan Pemerintah) mengenai assessment, mengetahui fungsi assessment, mengetahui tujuan assessment, mengetahui teknik-teknik assessment, dan mengetahui prinsip-prinsip dalam assessment dengan tingkat persentase 52,4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru matematika kurang paham tentang assessment matematika. Pelaksanaan assessment matematika yang dilakukan oleh guru matematika SMK di Kota Probolinggo meliputi mengetahui rencana assessment yang benar, mengetahui penggunaan perencanaan assessment dalam pelaksanaan, mengetahui urutan langkah-langkah dalam pelaksanaan, mengetahui langkah-langkah assessment dalam pelaksanaan, aspek assessment yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan assessment matematika, mengetahui dan menerapkan prinsip assessment sesuai BSNP, mengetahui teknik assessment yang diterapkan oleh guru, dan mengetahui perbedaan proses pelaksanaan assessment matematika dengan proses pelaksanaan mata pelajran lain dengan tingkat persentase 49,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan assessment yang dilakukan guru matematika SMK di Kota Probolinggo tidak sesuai dengan pelaksanaan assessment yang dianjurkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pengembangan assessment matematika yang dilakukan oleh guru matematika SMK di Kota Probolinggo meliputi jenis tagihan dan bentuk instrument, diketahui bahwa 50% guru telah mengembangkan assessment, 46,2% tidak mengembangkan dan 3,8% tidak memberikan komentarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/903
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository