ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN STATISTIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 GENTENG
Abstract
Matematika  merupakan  salah  satu  bagian  dari  ilmu  pengetahuan  dan  mata 
pelajaran  yang  diajarkan  pada  semua  tingkat  pendidikan,  mulai  jenjang  pendidikan 
rendah  sampai  jenjang  pendidikan  tinggi.  Dari  setiap  jenjang  tersebut,  seringkali 
siswa atau mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika sehingga 
dimungkinkan terdapat kesalahan dalam jawab soal yang diberikan.  
Kesalahan  siswa  dalam  merespon  setiap  permasalahan  seringkali  tidak 
ditindaklanjuti  dengan  pelacakan  terjadinya  respon  yang  salah  tersebut.  Umumnya 
para  guru  matematika  melihat  mampu  tidaknya  siswa  hanya  melalui  hasil  akhir  dari 
tes  yang diberikan.  Ketepatan respon siswa serta jenis kesalahan siswa jarang sekali 
terlacak.  Untuk  itu  perlu  adanya  analisis  kesalahan  siswa  dalam  mengerjakan  soal 
agar  dapat  diketahui  letak  kesalahan  yang  dilakukan  oleh  siswa.  Berdasarkan 
kesalahan tersebut guru dapat memberikan bimbingan tentang cara penyelesaian yang 
tepat sehingga bisa meminimalkan terjadinya kesalahan yang sama. 
Skripsi  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  jenis  dan  penyebab  kesalahan  siswa 
dalam  mengerjakan  permasalahan  dalam  Statistika.  Ini  dimaksudkan  agar  guru 
memahami  jenis  dan  penyebab  kesalahan  siswa  sehingga  bisa  untuk  memperbaiki 
kualitas mengajar guru serta kualitas belajar siswa. 
Tes yang diberikan dalam penelitian ini berbetuk uraian dan sebanyak lima soal 
yang  telah  dipilih  dari  10  soal  yang  telah    di  validasi.  Sampel  sebanyak  49  siswa 
diambil  dari  4  kelas  yang  diambil  sebagai  wakil  dari  populasi  kelas  XI  IPA  SMA 
Negeri 2 Genteng. Kesalahan  siswa  dianalisis  berdasarkan  lima  kategori  kesalahan  menurut 
Watson yaitu , kesalahan data tidak tepat (innapproprite data/id), prosedur tidak tepat 
(innapproprite  procedure/ip),  kesalahan  masalah  hierarki  ketrampilan  (skills 
hierarchy  problem  /shp),  kesalahan  kesimpulan  hilang  (omitted  conclution/  oc), 
kesalahan  kesimpulan  hilang  (omitted  conclution/  oc).  Hasil  analisis  data 
menunjukkan bahwa prosedur tidak tepat terjadi pada nomor 1, 2, 3, dan 4, kesalahan 
data tidak tepat terjadi pada nomor 1 dan 2,  kesalahan masalah hierarki ketrampilan 
terjadi pada nomor 1, 2,  4 dan 5, kesalahan kesimpulan hilang terjadi pada nomor 1 
dan 3, kesalahan kesimpulan hilang terjadi pada nomor 1, 2, 4 dan 5.  Persentase dari 
tiap  kategori  kesalahan  adalah  kesalahan  prosedur  tidak  tepat  sebesar  25,31%  , 
kesalahan  lain  yaitu  kesalahan  data  tidak  tepat  sebesar  9,39%,  kesalahan  masalah 
hierarki ketrampilan sebesar 13,47%, kesalahan kesimpulan hilang sebesar 5,31% dan 
kesalahan selain kategori diatas sebesar 14,69%.  
Penyebab  siswa  melakukan  kesalahan  id  adalah  siswa  salah  dalam 
memasukkan  data  dalam  variable,  kesalahan  ip  adalah  siswa  kurang  memahami 
maksud dari soal, kesalahan oc adalah siswa kurang memahami pertanyaan yang ada 
dalam  soal,  kesalahan  shp  adalah  siswa  kurang  teliti  dalam  melakukan  perhitungan 
dan  salah  dalam  pembulatan  hasil  perhitungan,  dan  kesalahan  ao  adalah  siswa 
bingung cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal.  
Saran  yang  bisa  diberikan  bagi  siswa  yang  melakukan  kesalahan  id  sebaiknya 
siswa  lebih  teliti  dalam  memilih  data  yang  dibutuhkan  dalam  menyelesaikan  soal, 
bagi  siswa  yang  melakukan  kesalahan  ip  sebaiknya  siswa  banyak  berlatih 
menyelesaikan  soal  dengan  berbagai  macam  soal  untuk  melatih  memahami  maksud 
dari  soal  dan  cara  penyelesaiannya,  bagi  siswa  yang  melakukan  oc  sebaiknya  siswa 
lebih  teliti  lagi  dalam  memahami  pertanyaan  yang  ada  di  soal,  bagi  siswa  yang 
melakukan  kesalahan  shp  sebaiknya  siswa  lebih  teliti  dalam  perhitungan  dan  dalam 
masalah  pembulatan  hasil  peritungan,  bagi  siswa  yang  melakukan  kesalahan  ao 
sebaiknya  siswa  banyak  belajar  dan  latihan  soal  agar  bisa  menyelesaikan  berbagai 
macam soal.
