• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Sectariat Economic
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Sectariat Economic
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGELOLAAN ARSIP SURAT MASUK PADA SUB UMUM KEPEGAWAIAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Arvendo Widya Pratama - 150803103042_.pdf (2.666Mb)
    Date
    2018-08-23
    Author
    PRATAMA, Arvendo Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan kegiatan – kegiatan dan pengamatan secara langsung yang telah dilakukan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Jember, terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan, yaitu: 1. Kegiatan Praktek Kerja Nyata Dilaksanakan sejak tanggal 08 Januari – 06 februari 2018, pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Jember, Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan teori yang telah diterima selama studi dengan praktek kerja yang sesungguhnya, khususnya dalam hal studi Kesekretariatan. Dalam Praktek Kerja Nyata ini dilakukan dengan cara membantu dan mengikui aktivitas kerja pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Jember. 2. Pengelolaan surat masuk, setiap surat yang diterima akan ditangani langsung oleh sub umum dan kepegawaian, surat yang masuk akan dicatat pada buku agenda surat masuk tertulis maupun pada Microsoft excel, kemudian diberikan lembar disposisi satu rangkap. Pemberian lembar disposisi dilakukan setelah surat dibaca dan dicatat pada buku agenda surat masuk, setelah itu surat akan didisposisi oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Dinas. Setelah mendapatkan disposisi surat akan kembali lagi pada sub umum kepegawaian dan digandakan satu untuk diarsipkan dan satu lagi untuk diberikan kepada jabatan atau tujuan di dalam surat. 3. Penyimpanan arsip pada dinas perpustakaan dan arsip pemerintah kabupaten jember dilakukan dengan menggunakan sistem penyimpanan arsip berdasarkan subjek atau pokok permasalahan. Penyusutan arsip dilakukan apabila sudah inaktif selama dua tahun di dinas perpustakaan serta tiga tahun di kantor unit kearsipan. Pada penyusutan arsip surat masuk akan diserahkan ke unit kearsipan yang disertai dengan Daftar Arsip yang diserahkan kepada unit kearsipan, dan dibuatkan berita acara tentang pemusnahan arsip.. 4. Permasalahan yang terjadi terkait dengan Pengelolaan Arsip Surat Masuk pada Dinas Perpusakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Jember, merupakan permasalahan yang sering terjadi pada kegiatan kearsipan pada umumnya, seperti arsip yang hilang, kurang tempat penyimpanan dan lain – lain namun, permasalahan tersebut dapat teratasi apabila kita memberikan solusi yang lebih baik agar permasalahan tersebut dapat teratasi dan tidak terulang untuk tahun yang akan datang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87178
    Collections
    • DP-Sectariat Economic [243]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository