• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSENGON 02 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (226.1Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    CITRA CAHYANINGTYAS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 dilakukan dengan cara: a) guru (praktisi) menjelaskan langkahlangkah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL secara jelas, b) guru sering memberikan contoh kepada siswa dalam mengerjakan LKS dan merangkum isi teks bacaan, d) guru sering berkeliling untuk mengecek siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan e) guru pandai menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi KWL mengalami peningkatan. Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan yang mereka baca serta dapat membuat kesimpulan/ringkasan yang singkat, jelas dan sesuai dengan isi teks bacaan yang dibaca. Peningkatan kemampuan membaca siswa juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan SKM yang telah ditetapkan di SDN Banjarsengon 02 adalah nilai 60. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 51,9 pada siklus I setelah diterapkan strategi KWL terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 67,5 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 84,3. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran mata pelajaran lain aspek membaca bisa menggunakan penerapan strategi KWL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu, siswa juga dapat membandingkan pengetahuan awal yang dimiliki sebelum membaca dengan pengetahuan yang dimiliki setelah membaca.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8604
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository