| dc.description.abstract | Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada PT. Bank Tabungan Negara
(Persero) Cabang Jember telah menghasilkan sebuah kesimpulan sebagai berikut:
1. Semua surat masuk maupun surat keluar diserahkan kepada sekretaris untuk 
diberikan lembar disposisi dan selanjutnya ditindak lanjuti oleh Kepala
Cabang. 
2. Proses pelaksanaan korespondensi pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero)
Cabang Jember menganut sistem sentralisasi 
3. Kegiatan  surat- menyurat (korespondensi), baik surat masuk maupun surat
keluar dipusatkan pada satu unit bagian yaitu sekretaris.Penanganan surat 
masuk dan surat keluar adalah:
a. Surat  masuk  
Surat masuk diserahkan kepada sekretaris untuk diagendakan dan
dilampiri dengan lembar dispposisi lalu di surat tersebut diserahakan 
kembali kepada Kepala Cabang untuk diberi tanda tangan atau disahkan, 
setelah itu surat tersebut diserahkan kembali kepada sekretaris untuk di 
fotocopy, di file, didistribusikan lalu diserahkan kembali kepada Kepala
Seksi untuk di tindak lanjuti dan surat yang asli diarsipkan.  
b. Surat Keluar 
Tahap pertama yang harus dilakukan dalam prosedur pengolahan surat 
yang keluar adalah setiap surat yang keluar harus dibuat rangkap tiga lalu
diserahkan lalu diserahkan pada sekretaris untuk diberi dan dicatat nomor 
surat, setelah diserahkan pada Kepala Cabang surat dikembalikan kepada
sekretaris untuk diagendakan, dikirim dan diserahakan pada pembuat 
surat, sedangkan yang asli disimpan pada file arsip kesekretariatan. 
4. Pelaksanaan Korespondensi pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) 
 
Cabang Jember menggunakan sistem korespondensi sesuai dengan teori
korespondensi dengan sistem yang berlaku dalam Bank Tabungan Negara | en_US |