• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INOVASI PELAYANAN PUBLIK E-HEALTH DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    Faisal Haqi 100910201037_.pdf (1.156Mb)
    Date
    2018-03-31
    Author
    HAQI, Faisal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan pelayanan publik berdasarkan inovasi e-health di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Topik e-health menarik dibahas karena peneliti melihat kondisi pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas kota Surabaya, salah satu poin yang tidak sesuai terdapat di poin proses pelayanan loket pendaftaran dan rujukan pasien. Proses pendaftaran pasien merupakan proses yang seharusnya singkat dan kemudian untuk diteruskan ke proses rujukan. Dari hal tersebutlah penulis merasa perlu melakukan penelitian terkait dengan proses layanan loket pendaftaran dan proses rujukan pasien berdasarkan undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, yang mengamanatkan bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Fokus penelitian ini adalah penerapan e-health di seluruh puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan Snowball Sampling. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi e-health berguna dalam mengatasi penumpukan volume antrian pasien dan proses rujukan ke rumah sakit. Dalam penerapan aplikasi e-health, penulis dilapangan menemukan beberapa tahapan yakni, proses ujicoba e-health, sosialisasi kepada warga surabaya, penerapan e-health secara serentak di seluruh puskesmas Kota Surabaya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85057
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository