INOVASI PELAYANAN PUBLIK E-HEALTH DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan pelayanan publik
berdasarkan inovasi e-health di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Topik e-health
menarik dibahas karena peneliti melihat kondisi pelayanan kesehatan yang ada di
puskesmas kota Surabaya, salah satu poin yang tidak sesuai terdapat di poin
proses pelayanan loket pendaftaran dan rujukan pasien. Proses pendaftaran pasien
merupakan proses yang seharusnya singkat dan kemudian untuk diteruskan ke
proses rujukan. Dari hal tersebutlah penulis merasa perlu melakukan penelitian
terkait dengan proses layanan loket pendaftaran dan proses rujukan pasien
berdasarkan undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, yang
mengamanatkan bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan
penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka
pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi
penelitian di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Fokus penelitian ini adalah
penerapan e-health di seluruh puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.
Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan
Snowball Sampling. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi, sedangkan analisis data
yang digunakan adalah analisis interaktif oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi e-health berguna dalam
mengatasi penumpukan volume antrian pasien dan proses rujukan ke rumah sakit.
Dalam penerapan aplikasi e-health, penulis dilapangan menemukan beberapa
tahapan yakni, proses ujicoba e-health, sosialisasi kepada warga surabaya,
penerapan e-health secara serentak di seluruh puskesmas Kota Surabaya.