Show simple item record

dc.contributor.advisorBOEDIONO
dc.contributor.advisorMAKMUR, M. Hadi
dc.contributor.authorHAQI, Faisal
dc.date.accessioned2018-03-31T04:13:44Z
dc.date.available2018-03-31T04:13:44Z
dc.date.issued2018-03-31
dc.identifier.nimNIM100910201037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85057
dc.description.abstractTujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan pelayanan publik berdasarkan inovasi e-health di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Topik e-health menarik dibahas karena peneliti melihat kondisi pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas kota Surabaya, salah satu poin yang tidak sesuai terdapat di poin proses pelayanan loket pendaftaran dan rujukan pasien. Proses pendaftaran pasien merupakan proses yang seharusnya singkat dan kemudian untuk diteruskan ke proses rujukan. Dari hal tersebutlah penulis merasa perlu melakukan penelitian terkait dengan proses layanan loket pendaftaran dan proses rujukan pasien berdasarkan undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, yang mengamanatkan bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Fokus penelitian ini adalah penerapan e-health di seluruh puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan Snowball Sampling. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi e-health berguna dalam mengatasi penumpukan volume antrian pasien dan proses rujukan ke rumah sakit. Dalam penerapan aplikasi e-health, penulis dilapangan menemukan beberapa tahapan yakni, proses ujicoba e-health, sosialisasi kepada warga surabaya, penerapan e-health secara serentak di seluruh puskesmas Kota Surabaya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries100910201037;
dc.subjectPELAYANAN PUBLIK E-HEALTHen_US
dc.subjectDINAS KESEHATANen_US
dc.titleINOVASI PELAYANAN PUBLIK E-HEALTH DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record