• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) DISERTAI MEDIA VIDEOKEJADIAN FISIKA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Bayu Angga Dwi Cahyono - 120210102109_.pdf (2.792Mb)
    Date
    2018-03-22
    Author
    CAHYONO, Bayu Angga Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari di kabupaten Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1, dan hipotesis penelitian 2 dengan menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 22. Populasi penelitian ini adalah XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, dan XI MIPA 5. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 dan XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35. Dalam penelitian ini, materi yang digunakan adalah elastisitas zat padat dan hukum hooke dengan pokok bahasan elastisitas, tegangan tarik, regangan tarik, modulus young, modulus geser, modulus bulk, hukum hooke dan susunan pegas. Berdasarkan hasil analisi data melalui uji Independent Sample T-Test pada keterampilan proses sains dengan Sig. 0,288. Nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 menunjukkan varian data homogen. Berdasarkan lajur Equal variances assumed tampak bahwa nilai sig.(2 tailed) = 0.000, maka nilai Sig. (1 tailed) = 0.000. Sehingga 0.000 ≤ 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan H0 terima dan Ha tolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan ratarata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen 77% dan nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas kontrol 67%. Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test pada hasil belajar siswa dengan Sig. 0,135. Nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 menunjukkan varian data homogen. Berdasarkan lajur Equal variances assumed tampak bahwa nilai sig.(2 tailed) = 0.000, maka nilai Sig. (1 tailed) = 0.000. Sehingga 0.000 ≤ 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan H0 terima dan Ha tolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen 78,01 dan nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas kontrol 67,06.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84810
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository