• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI KELAS V SDN TAMANAN 3 KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Ryski Putri Amalia_1.pdf (1.737Mb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Ryski Putri Amalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    B erdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara dengan guru kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif karena interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa dengan sumber belajar atau media pembelajaran masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa dikatakan masih rendah karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Permasalahan yang di kaji d alam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso setelah pembelajaran IPS menggunakan penerapan model pembelajaran picture and picture. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture, meningkatkan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika digunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan yaitu dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Penerapan penerapan model pembelajaran picture and picture diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa dapat memperoleh pemahaman secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, menumbuhkan kerjasama serta sikap berpikir kritis pada diri siswa, dan mencip takan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso yang berjumlah 22 siswa . Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso melalui penerapan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 77,2% dengan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 81,8% dalam kategori sangat aktif . Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68% dengan rata -rata nilai 72,5 sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 82% dengan rata-rata nilai 77,2. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012 dengan penerapan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. Saran peneliti untuk guru berdasarkan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran picture and picture dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8284
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository