• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MA THEMA TICS) BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR STSWA

    Thumbnail
    View/Open
    Antonius Cahya Prihandoko.pdf (5.834Mb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Antonius Cahva Prihandoko
    Dinawati Trapsilasiwi
    Didik Sugeng, P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar matematika di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan menengah masih belum menunjukkan hasil vang memuaskan. Rendahnya nilai tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya minat belajar matematika siswa, anggapan bahwa matematika sebagai momok, dan rasa bosan belajar matematika vang selalu dilaksanakan di dalam kelas (Pambudi, 1999-2004). Rasa bosan dan sikap negatif siswa terhadap matematika adalah dua hal penting yang perlu dihilangkan agar siswa memperoleh hasil memuaskan dalam belajar. Salah satu strategi untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan melakukan variasi pembelajaran matematika, yaitu melaksanakan Pembelajaran di luar kelas (Outdoor Mathematics = OM). Selain model OM, maka saat ini sedang trend diujicobakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) atau Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang berasal dari Belanda dan diyakini memberikan prospek vang cerah bagi peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia (Sembiring, dkk 2003). Oleh karena itu terlintas ide untuk menggabungkan model OM dengan RME. Harapannya adalah proses pembelajaran yang terjadi akan menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga siswa benar- benar memahami tujuan perfibelajaran yaitu untuk mengaitkan konsep matematika dengan penerapan konsep tersebut untuk menyelesaikan masalah nyata (realitas) dalam kehidupan sehari-hari di luar kelas. Dari pemikiran di atas, maka diadakan penelitian untuk mengkaji bagaimana hasil implementasi Model Pembelajaran Matematika di Luar Kelas (Outdoor Mathematics) Berbasis Matematika Realistik serta Dampaknya terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8135
    Collections
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula [260]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository