• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS TOPIK TEKNOLOGI TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAINAN DAN KARTU GAMBAR DI SDN KARANG PAITON JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012 SKRIPSDINI

    Thumbnail
    View/Open
    ALEK DODI ISKANDAR - 100210274077.pdf (1.837Mb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    I Oleh ALFIAN NUR ALIFAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 59%, sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 57% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 87 %. Berdasarkan persentase tersebut maka penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar penerapan model pembelajaran kontekstual selain dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dianggap cocok digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran IPS, juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan motivasi pembelajaran yang lebih inovatif dalam dunia pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8097
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository