• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MEMAHAMI PEMIKIRAN PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM NOVEL BUMI MANUSIA

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    F. IB_Prosiding_IG Krisnadi_Memahami Pemikiran Pramudya.pdf (1.975Mb)
    Date
    2017-07-13
    Author
    Krisnadi, IG
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mendiskusikan penerapan pembelajaran kelompok atau cooperative learning pada pemebelajaran keterampilan mendengar bahasa Inggris di kelas Intermediate 3 LBPP-LIA Kalimalang Bekasi. Inti dari model cooperative leraning adalahsiswa belajar dari siswa dan untuk siswa, serta peran guru sebagai fasilitator. Para siswa diajarkan untuk saling berinterksi selama pembelajaran dan kerjasama antar siswa adalah fokusnya.Siswa yang terbiasa dengan model pembelajaran individual learning dimana guru adalah selalu sebagai pusat pembelajaran, akan sulit melakukan interaksi di kelas. Pada pembelajaran keterampilan mendengar bahasa umumnya siswa melakukan aktifitas mendengar satu arah dan tidak melakukan kegiatan bertanya dan merespon.Padahal interaksi sangat diperlukan dalam meningkatkan keterampilan mendengar bahasa siswa. Menurut Brown belajar mendengarkan juga berarti belajar merespon (Brown: 1995). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sementaranya objek penelitian adalah ke-12 aspek yang merupakam karakteristik model cooperative learning. Data didapat dari hasil observasi kelas, dan metode kwalitatif digunakan untuk menganalisis data.Dari hasil analisis data, terungkap bahwa para siswa dan guru di kelas Intermediate 3 telah dapat melakukan adaptasi pembelajaran model cooperative learning dengan baik, namun mereka belum sepenuhnya mengadopsi secara baik dan benar keseluruhan peran mereka dalam pelaksanaan model pembelajaran ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80340
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail