Show simple item record

dc.contributor.authorKrisnadi, IG
dc.date.accessioned2017-07-13T02:51:38Z
dc.date.available2017-07-13T02:51:38Z
dc.date.issued2017-07-13
dc.identifier.issn2579-8847
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80340
dc.descriptionProceedings The 1st International Conference on Education, Language, and Arts (ICELA) 2017en_US
dc.description.abstractPenelitian ini mendiskusikan penerapan pembelajaran kelompok atau cooperative learning pada pemebelajaran keterampilan mendengar bahasa Inggris di kelas Intermediate 3 LBPP-LIA Kalimalang Bekasi. Inti dari model cooperative leraning adalahsiswa belajar dari siswa dan untuk siswa, serta peran guru sebagai fasilitator. Para siswa diajarkan untuk saling berinterksi selama pembelajaran dan kerjasama antar siswa adalah fokusnya.Siswa yang terbiasa dengan model pembelajaran individual learning dimana guru adalah selalu sebagai pusat pembelajaran, akan sulit melakukan interaksi di kelas. Pada pembelajaran keterampilan mendengar bahasa umumnya siswa melakukan aktifitas mendengar satu arah dan tidak melakukan kegiatan bertanya dan merespon.Padahal interaksi sangat diperlukan dalam meningkatkan keterampilan mendengar bahasa siswa. Menurut Brown belajar mendengarkan juga berarti belajar merespon (Brown: 1995). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sementaranya objek penelitian adalah ke-12 aspek yang merupakam karakteristik model cooperative learning. Data didapat dari hasil observasi kelas, dan metode kwalitatif digunakan untuk menganalisis data.Dari hasil analisis data, terungkap bahwa para siswa dan guru di kelas Intermediate 3 telah dapat melakukan adaptasi pembelajaran model cooperative learning dengan baik, namun mereka belum sepenuhnya mengadopsi secara baik dan benar keseluruhan peran mereka dalam pelaksanaan model pembelajaran ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectkerjasama siswaen_US
dc.subjectperan guruen_US
dc.subjectketerampilan mendengarkanen_US
dc.titleMEMAHAMI PEMIKIRAN PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM NOVEL BUMI MANUSIAen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record