MEMAHAMI PEMIKIRAN PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM NOVEL BUMI MANUSIA
Abstract
Penelitian ini mendiskusikan penerapan pembelajaran kelompok atau cooperative learning pada
pemebelajaran keterampilan mendengar bahasa Inggris di kelas Intermediate 3 LBPP-LIA Kalimalang
Bekasi. Inti dari model cooperative leraning adalahsiswa belajar dari siswa dan untuk siswa, serta
peran guru sebagai fasilitator. Para siswa diajarkan untuk saling berinterksi selama pembelajaran dan
kerjasama antar siswa adalah fokusnya.Siswa yang terbiasa dengan model pembelajaran individual
learning dimana guru adalah selalu sebagai pusat pembelajaran, akan sulit melakukan interaksi di
kelas. Pada pembelajaran keterampilan mendengar bahasa umumnya siswa melakukan aktifitas
mendengar satu arah dan tidak melakukan kegiatan bertanya dan merespon.Padahal interaksi sangat
diperlukan dalam meningkatkan keterampilan mendengar bahasa siswa. Menurut Brown belajar
mendengarkan juga berarti belajar merespon (Brown: 1995). Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa sementaranya objek penelitian adalah ke-12 aspek yang merupakam karakteristik model
cooperative learning. Data didapat dari hasil observasi kelas, dan metode kwalitatif digunakan untuk
menganalisis data.Dari hasil analisis data, terungkap bahwa para siswa dan guru di kelas Intermediate
3 telah dapat melakukan adaptasi pembelajaran model cooperative learning dengan baik, namun
mereka belum sepenuhnya mengadopsi secara baik dan benar keseluruhan peran mereka dalam
pelaksanaan model pembelajaran ini.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]