• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Chichi Lia Mardiana.pdf (4.894Mb)
    Date
    2017-03-01
    Author
    Mardiana, Chichi Lia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran CTL untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Kepatihan 02 Jember, (2) meningkatan kemampuan menulis puisi untuk siswa kelas V SDN Kepatihan 02 Jember setelah diterapkan pendekatan pembelajaran CTL. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Kepatihan 02 tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki dan 12 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas VSDN Kepatihan 02. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui kegiatan diskusi berkelompok, memotivasi siswa untuk berani bertanya, dan memilih tema yang melibatkan dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa secara klasikal yaitu sebesar 53% dan mengalami peningkatan sebesar 30% sehingga pada siklus II menjadi 83%. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan pendekatan CTL dalam melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.Selain itu juga setelah diterapkannya pendekatan CTL kemampuan menulis puisi dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79361
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository