Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorMardiana, Chichi Lia
dc.date.accessioned2017-03-01T03:00:10Z
dc.date.available2017-03-01T03:00:10Z
dc.date.issued2017-03-01
dc.identifier.nim120210204150
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79361
dc.description.abstractpenelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran CTL untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Kepatihan 02 Jember, (2) meningkatan kemampuan menulis puisi untuk siswa kelas V SDN Kepatihan 02 Jember setelah diterapkan pendekatan pembelajaran CTL. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Kepatihan 02 tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki dan 12 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas VSDN Kepatihan 02. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui kegiatan diskusi berkelompok, memotivasi siswa untuk berani bertanya, dan memilih tema yang melibatkan dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa secara klasikal yaitu sebesar 53% dan mengalami peningkatan sebesar 30% sehingga pada siklus II menjadi 83%. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan pendekatan CTL dalam melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.Selain itu juga setelah diterapkannya pendekatan CTL kemampuan menulis puisi dapat meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKemampuan Menulis Puisien_US
dc.subjectContextual Teaching And Learning (CTL)en_US
dc.titleMENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 02 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record