MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 02 JEMBER
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan
pembelajaran CTL untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V
SDN Kepatihan 02 Jember, (2) meningkatan kemampuan menulis puisi untuk siswa
kelas V SDN Kepatihan 02 Jember setelah diterapkan pendekatan pembelajaran CTL.
Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Kepatihan 02
tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 13 laki-laki dan
12 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas VSDN Kepatihan 02.
Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis kuantitatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat
meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui kegiatan diskusi
berkelompok, memotivasi siswa untuk berani bertanya, dan memilih tema yang
melibatkan dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa secara klasikal yaitu sebesar
53% dan mengalami peningkatan sebesar 30% sehingga pada siklus II menjadi 83%.
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian maka dapat diberikan saran,
Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan pendekatan CTL dalam melaksanakan
pembelajaran menulis puisi dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya
dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada
kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.Selain itu
juga setelah diterapkannya pendekatan CTL kemampuan menulis puisi dapat
meningkat.