• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas pemberian tugas analisis kejadian biologi sehari hari dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi kelas 1 SMP negeri 1 Mumbulsari Jember (Studi hasil belajar biologi pokok pola interaksi organisme pada siswa kelas 1 semester genap di SMPN 1 Mumbulsari Jember tahun ajaran 2003/2004)

    Thumbnail
    View/Open
    vivi rosviana 990210103054_.pdf (15.97Mb)
    Date
    2016-06-06
    Author
    ROSVIAVA, Vivi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan terpenting dari keseluruhan proses pendidikan. Peningkatan prestasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah ketrampilan guru menerapkan model pembelajaran yang cocok uniuk memberikan materinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep biologi siswa dengan menggunakan analisis kejadian biologi sehari-hari dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif pemberian tugas analisis kejadian biologi sehari-hari dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi dibandingkan dengan tanpa menggunakan analisis kejadian biologi sehari-hari. Pcnclitian dilakukan di SMPN I Mumbulsari Jcmbcr. · penentuan kelas sampel dilakukan uji homogenitas kemudian dilakukan tekhnik random sampling untuk menentukan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sehingga diperoleh kelas 1A (kelas yang menggunakan analisis kejadian biologi sehari -hari) Dan kelas IB (Kelas yang tidak menggunukan analisis kejadian biologi sehari-hari). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan tcs, Analisis data menggunakan uji t-tes dan uji aktivitas sehinngga diperoleh t-tes sebesar 3,45 dan t-tabel 1 ,664 sehingga t-tes > t-tabel sedangkan untuk efektivitasnya sebesar 16,52%. HasiI penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan analisis kejadian biologi sehari-hari efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan analisi kejadian biologi sehari hari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74508
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR BELAJAR BELAJAR PEMECAHAN PEMECAHAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MELALUI MELALUI BELAJAR MELALUI MELALUI PENERAPAN MASALAH MASALAH MASALAH (PBM) (PBM) MASALAH (PBM) MASALAH MASALAH PEMECAHAN MASALAH PENERAPAN PENERAPAN DAN DAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN (PBM) DENGAN PELAJARAN PELAJARAN PELAJARAN HASIL HASIL DAN HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE METODE DENGAN METODE BIOLOGI BIOLOGI PELAJARAN BIOLOGI EKSPERIMEN EKSPERIMEN METODE EKSPERIMEN (SISWA (SISWA BIOLOGI (SISWA MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH 2 MATERI MATERI MATERI 2 2 HASIL BERBASIS BERBASIS BERBASIS PADA PADA EKSPERIMEN PADA KELAS KELAS (SISWA KELAS X.6 X.6 KELAS X.6 SMA SMA X.6 SMA GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, 2 GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, PENCEMARAN PENCEMARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN TAHUN TAHUN PELAJARAN PELAJARAN TAHUN PELAJARAN PROGRAM PROGRAM PROGRAM LINGKUNGAN 2012-2013 

      Lendy Destalia (2013-12-04)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala hal ...
    • INVENTARISASI KENDALA GURU BIOLOGI RSBI DAN UPAYA PENYELESAIANNYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KABUPATEN JEMBER 

      Khamilatur Rizqi Masruroh (2014-01-21)
      Globalisasi dalam bidang perekonomian, kebudayaan, dan komunikasi telah memberikan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan secara radikal, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pembenahan sistem pendidikan nasional ...
    • PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA 

      Agny Firgia Kasnugrahawati (2013-12-17)
      Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository