• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Agny Firgia Kasnugrahawati - 080210193012 (2)_1.pdf (181.8Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Agny Firgia Kasnugrahawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, dan pembelajaran biologi yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata biologi yaitu melalui strategi group to group exchange Tujuan dalam penelitian ini adalah: Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 37 siswa yang terdiri atas 18 laki-laki dan 19 perempuan di. Sumber data yaitu guru kelas VII E dan siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu 84,44% sedangkan secara klasikal yaitu 68,12%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 90,27% sedangkan secara klasikal sebesar 79,92%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 76,99% sedangkan secara klasikal sebesar 73% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 85,2% sedangkan secara klasikal sebesar 89,19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi GGE pada mata pelajaran biologi dengan pokok bahasan pengaruh kepadatan populasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9559
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TAHUN AJARAN 2009/2010 TAHUN AJARAN 2009/2010 TAHUN AJARAN 2009/2010 

      Fatimatuz Zahrok Fatimatuz Zahrok Fatimatuz Zahrok (2014-01-23)
      Kenyataan yang terjadi di SMA Muhammadiyah 3 Jember terutama kelas X-4 adalah masih banyak siswa yang belum memahami konsep prasyarat dalam matematika, misal yang paling mendasar adalah operasi hitung dan teorema Pythagoras ...
    • PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA 

      Agny Firgia Kasnugrahawat (2014-01-23)
      erdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut ...
    • Evaluasi Penilaian Aset Biologi dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada M.P. Evans Group PLC) Evaluation of Biological Assets Valuation and Its Impact on The Financial Statements ( A Case Study on M.P. Evans Group PLC) 

      WAHYULIA BAHRI, SYEFRICA (UNEJ PRESS, 2015)
      Penelitian ini membahas tentang IAS 41 Agrikultur utamanya pada akuntansi untuk aktiva biologis Aktiva biologis adalah tanaman dan hewan hidup yang mengalami transformasi biologis. Transformasi biologis terdiri atas proses ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository