• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 02 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Sain W. Kaempe.pdf (423.2Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Sain Widianto Kaempe
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Cooperative learning tipe think pair and share (TPS) pada pokok bahasan kebebasan berorganisasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas melalui 2 tahap siklus. Dilaksanakan di kelas V yang terdiri dari 36 siswa, 15 laki-laki dan 21 perempuan. Siswa dibagi menjadi 18 kelompok yang heterogen dan saling berpasangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan pada hari Kamis tanggal 21 Januari 2011 sampai hari Jumat 1 April 2011. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu. Media yang digunakan adalah multimedia diantaranya komputer dengan proyektor, program power point yang digunakan dalam menyampaikan isi materi pembelajaran, dilengkapi pula animasi, gambar dan video pembelajaran. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 52,77 % dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus 2 sebesar 77,77 % dengan kriteria sangat aktif. Dari hasil tes akhir yang dilakukan, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 83,3 % dan meningkat pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 91,67 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair And Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganeragaan dengan pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V Semester 2 di SD Negeri Kepatihan 02 Tahun Pelajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6800
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository