dc.description.abstract | Data kerja antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar yang dihasilkan
dari data variable X dan Y menghasilkan nilai D2 adalah 183, sehingga R hitung
dapat ditemukan dengan nilai 0,7309. Hasil analisis data menunjukan, bahwa r kerja
lebih besar dari pada r tabel untuk N=16 dan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,506.
Nilai r hitung yang dihasilkan sebesar 0,7309, pada tabel korelasi terletak antara
0,600 sampai dengan 0,800 dengan tingkat hubungan cukup. Hasil tersebut
membuktikan bahwa lingkungan belajar yang terdiri dari lingkungan keluarga,
lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah saling mendukung untuk
menumbuhkan motivasi belajar.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Lingkungan Belajar terhadap
Motivasi Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupaten Bondowoso
Tahun 2014. Artinya semakin baik lingkungan belajar yang diterapkan dalam
motivasi belajar semakin baik pula hasil hasil belajar terhadap warga belajar kejar
paket C . Sebaliknya jika lingkungan belajar yang diberikan kurang maksimal maka
hasil yang dicapai dalam proses belajar akan kurang maksimal. Saran dari peneliti
yaitu Kepala SKB Bondowoso dan pamong sebaiknya lebih mendekatkan diri pada
warga belajar sehingga dapat terjalin komunikasi antara ke dengan warga belajar. | en_US |