• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (244)a_1.pdf (796.3Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    HADRIANTI BADU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep dialami sendiri oleh siswa berdasarkan pengetahuan awal Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar pokok bahasan pecahan siswa melalui penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan setelah penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran kooperatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan teori belajar Bruner dalam kegiatan pembelajaran kooperatif pokok bahasan pecahan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, meningkatkan aktivitas belajar pokok bahasan pecahan siswa melalui penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gebang 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas III SD NegeriGebang 01 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif untuk menemukan konsep pecahan terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari yang hanya mencapai 29,8% pada observasi awal, meningkat menjadi 81,3% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa ini naik mengalami peningkatan menjadi 93,6% pada siklus 2 seiring dengan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 73,37% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 80,33%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 6,96%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 75% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif untuk menemukan konsep pecahan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru matematika kelas III SD Negeri Gebang 01 Jember. Pembelajaran dengan menerapkan teori Bruner pada pembelajaran kooperatif juga dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat meningkat dan mencerminkan teori Bruner pada pembelajaran kooperatif. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal dengan penerapan teori Bruner pada pembelajaran kooperatif juga mengalami peningkatan dari ulangan harian dan tes akhir yaitu dari yang hanya sebesar 42,6% menjadi 80,33%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27097
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository