• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PEMBERIAN TUGAS SOAL WACANA SISWA KELAS VIII-BILINGUAL SMP NEGERI 1 JEMBER (Tahun Ajaran 2009/2010 Pada Pembelajaran Materi Bunyi)

    Thumbnail
    View/Open
    Ainul Yaqin.pdf (104.5Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Ainul Yaqin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika bilingual adalah pembelajaran fisika yang materi pembelajaran, proses belajar mengajar, dan penilaiannya disampaikan dalam bahasa Inggris. Salah satu sekolah menengah tingkat pertama di jember yang menerapkan kelas bilingual adalah SMP Negeri 1 Jember. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2009/2010 di kelas VIII-Bilingual SMP Negeri 1 Jember, ditemukan ketuntasan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran fisika yang masih rendah yaitu 14,29% dan aktivitas belajar siswa sebesar 58,62%. Hal ini masih belum memenuhi standar ketuntasan hasil belajar fisika yang telah ditetapkan di SMP Negeri 1 Jember yaitu sebesar 75%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui Model Coperative Learning dengan Pemberian Tugas Soal Wacana untuk meningkatkan ketuntasan belajar fisika siswa kelas VIIIBilingual SMP Negeri 1 Jember. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan reading skill dan sekaligus pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan model Cooperative Learning dengan pemberian tugas soal wacana dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-Bilingual SMP Negeri 1 Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar dan persentase keaktifan. Dari hasil penelitian ini didapatkan ketuntasan belajar siswa yang termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 93,1% (siklus I) dan 82,76% (siklus II), dan persentase keaktifan yang tergolong aktif yaitu 79,17% (siklus I) dan 79 % (siklus II). Hasil ini menunjukkan bahwa model ini dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model Cooperative Learning dengan pemberian tugas soal wacana dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dari kategori rendah menjadi tinggi di kelas VIIIBilingual SMP Negeri 1 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5873
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository