• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Tini Wulandari - 090210102019_1.pdf (172.0Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Tini Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis aktivitas siswa menggunakan presentase keaktifan siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang dinilai yaitu menganalisis pictorial riddle pada pelaksanaan I tergolong aktif sebesar 69,4 % sedangkan pada pembelajaran II juga tergolong aktif yaitu sebesar 76,7 % sehingga rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I dan II sebesar 75,45 % dan dapat dikategorikan aktif. Untuk menguji hipotesis penelitian, diperoleh hasil analisis Independent Sampel T-test dengan bantuan software SPSS 16 nilai Sig. (2-tailed) 0,011 dengan Sig. (1-tailed) 0,0055  0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang didukung dengan nilai post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,5 dan kelas kontrol sebesar 69,7. Berdasarkan hasi penelitian, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model problem solving dengan metode pictorial riddle pada siswa kelas XI SMAN 1 Kalisat tahun ajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori aktif. (2) Model problem solving dengan metode pictorial riddle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMAN 1 Kalisat tahun ajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56467
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository