PERANAN FRONT OFFICE DEPARTEMENT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PENGUNJUNG DI HOTEL DAN PEMANDIAN KEBONAGUNG JEMBER
Abstract
Kualitas dan kuantitas pelayanan sangat penting di terapkan pada setiap penyedia jasa, 
karena  palayanan  jasa  lebih  dirasakan  oleh  konsumen.  Kualitas  pelayanan  merupakan 
pelayanan  yang  di  berikan  kepada  konsumen  sesuai  dengan  standart  pelayanan  yang  di 
bakukan sebagai pedoman dalam pemberian pelayanan, dalam hal ini bagian tugas dari front 
office  yang  termasuk  dalam  departemen  pelayanan.  Standart  pelayanan  adalah  ukuran  yang 
telah  di  tentukan  sebagai  suatu  pembakuan  pelayanan  yang  baik  dimana  ukuran  kualitas 
pelayanan ini secara garis besar dirasakan oleh pihak yang di layani, karena merekalah yang 
merasakan  dan  menikmati  layanan  sehingga  dapat  memberikan  nilai  kualitas  pelayanan 
sesuai dengan harapan mereka dalam memenuhi kepuasannya. 
Pelayanan  adalah  suatu  aktifitas  yang  memberikan  manfaat  dan  di  tawarkan  oleh 
suatu pihak kepada pihak yang lain dalam bentuk yang tidak nyata. Dalam suatu objek wisata 
pelayanan  sangat  penting,  karena  pelayanan  yang  baik  akan  mempunyai  dampak  positif 
terhadap  pengunjung  objek  wisata  tersebut.  Dalam  melayani  pelanggan,  di  perlukan  rasa 
ikhlas  dari  dalam  hati,  karena  dengan  adanya  rasa  ikhlas  akan  dengan  mudah 
mengerjakannya  dan  pelayanan  berjalan  dengan  lancar  serta  kepuasan  konsumen  akan 
pelayanan  tersebut  akan  terpuaskan.  Dengan  pelayanan  yang  baik  akan  membawa  citra 
perusahaan kepada konsumen. 
  Tidak  jarang  banyak  konsumen  mengeluh  tentang  pelayanan  yang  telah  di  berikan, 
adalah suatu hal yang wajar apabila ada konsumen atau pelanggan yang tidak puas pelayanan 
yang di berikan, sekalipun sudah berusaha keras untuk memenuhi setiap kepuasan pelanggan. 
  Obyek pelaksanaan praktek kerja nyata ini bertempat di hotel dan pemandian Kebon 
Agung  yang  dilaksanakan  pada  bulan  Maret-  April  2010.  Bukan  hal  yang  mudah  untuk 
mengembangkan obyek wisata agar di kenal oleh masyarakat luas, Untuk itu perlu dilakukan 
analisis  yang  berkaitan  dengan  peluang–peluang  serta  mengantisipasi  ancaman-ancaman 
yang  mungkin  terjadi  di  masa  akan  datang  yang  dapat  meghambat  perkembangan  dan 
kemajuan  hotel  dan  pemandian  kebon  agung  tersebut.  Analisi  ini  biasa  di  sebut  analisis 
SWOT  yaitu  analisis  yang  membuat  kekuatan,  kelemahan,  peluang  dan  ancaman  yang  di 
alami perusahaan dimasa sekarang atau di masa yang akan datang. 
  Analisa ini di dasarkan pada logika yang dpat memaksimalkan kekuatan dan peluang, 
namun  secara  bersama  dapat  miminimalkan  kelemahan  perusahaan  dan  ancaman  untuk 
mencapai  kemajuan  dan  perkembangan  perusahaan  tersebut.  Setiap  perusahhan  mempunyai kelamahan  dan  kekuatan  tertentu  yang  dapat  menjadi  faktor  pendukung  tercapainya  tujuan 
usaha,  contohnya  keramahan  karyawan  dalam  melayani  wisatawan  yang  datang.  Sedangkan 
kelemahan  perusahaan    dapat  menjadi  penghambat  contohnya  asilitas  perusahaan  yang 
kurang memadai.
Collections
- DP-Travel Agent [269]
