ANALISIS KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM MILAN DI KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian dengan judul Analisis Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada
Koperasi Simpan Pinjam MILAN di Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis apakah kualitas jasa berpengaruh terhadap kepuasan nasabah
secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian  ini adalah pengguna jasa Koperasi
Simpan Pinjam MILAN. Sampel  yang  diambil  sebanyak  100  responden  dengan
menggunakan  teknik Accidental  Sampling yaitu sampling yang pengambilannya pada saat
responden berada di lokasi penelitian tersebut.  Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh
persamaan regresi sebagai berikut :
Y = -0,756+ 0,071 X
vii
1
+ 0,149 X
2
+ 0,117 X
+
0,285 X
+ e. Berdasarkan analisis data statistik,  indikator-indikator pada penelitian  ini bersifat
valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian  asumsi  klasik,  model  regresi  bebas 
multikolonieritas,  tidak  terjadi heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Besarnya proporsi secara
simultan adalah 0,565 atau 56,5% dan besarnya proporsi  parsial yang berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah berturut-turut sebagai berikut variabel empati (X
5 
5
3
+ 0,087 X
), kehandalan (X
), daya
tanggap (X
3
), variabel jaminan (X
4
), dan bukti fisik (X
5
2
). Didalam uji hipotesis disimpulkan 
bahwa secara simultan (uji F) variabel kualitas layanan berpengaruh nyata dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah (Y), namun secara parsial (uji t) variabel bukti fisik (X
), daya
tanggap (X
3
) dan jaminan (X
) tidak berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah (Y)
, sedangkan  variabel kehandalan (X
4
2
), dan empati (X
) berpengaruh nyata dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y),
5
