• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KONTRIBUSI KREATIVITAS PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK BERMAIN SEKECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Risky Priwahyuningtyas - 070210201074 (2)_1.pdf (87.68Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Risky Priwahyuningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peran pendidik dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting, dimana seorang pendidik dituntut untuk memberikan kontribusi kreativitasnya dalam proses pembelajaran serta menjadi panutan guna meningkatkan perkembangan sosial peserta didik yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan. Kreativitas pendidik adalah sebuah cara guna memecahkan setiap permasalhan yang sedang dihadapi di dalam proses pembelajaran. Kreativitas pendidik dapat dilihat dari kepribadian pendidik, proses pembelajaran, semangat, serta media apa yang digunakan dalam pembelajaran sehingga mampu memberikan peningkatan pada perkembangan peserta didik. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakan kontribusi kreativitas pendidik di Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, sehingga mampu memenuhi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi kreativitas pendidik di Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, dan apakah penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, bagi pendidik di Kelompok Bermain Kecamatan Sumbersari, serta bermanfaat bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, yang berlokasi di Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, metode mengambil sampel menggunakan purposive area. Penelitian dilaksanakan berkisar lima bulan, pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan interviu, sedangkan penentuan informan menggunakan metode ledakan bola salju. Analisis data dilakukan setelah pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif. Kreativitas Person pendidik di kelompok bermain kecamatan memiliki Person yang terdiri dari 4 macam tipe kecerdasan, beberapa diantaranya memiliki 2 hingga 3 tipe kecerdasan sekaligus, misalnya di Kelompok Bermain Al-Azhar. Kepala sekolah Al-Ahzar lebih memilih pendidik yang berpengalaman dalam proses pembelajaran, sebab hal ini menjadi tuntutan bagi pendidik agar dapat berinovasi dalam menciptakan media ataupun kegiatan pembelajaran yang baru dan tidak menjenuhkan bagi peserta didik. Process kreativitas pendidik memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk meningkatkan perkembangan sosial peserta didik, misalnya di Kelompok Bermain Al-Irsyad yang tidak memaksakan pembelajaran namun lebih kepada mengarahkan. Press atau motivasi bagi kreativitas pendidik memiliki kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan perkembangan sosial peserta didik, misalnya di Kelompok Bermain Al-Hujjah dan di Pos PAUD Catlya 141. Kedua Kelompok Bermain ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan dengan adanya motivasi untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran guna meningkatkan perkembangan sosial peserta didik. “Kartu emotion” adalah Product kreativitas di Kelompok Bermain Labschool yang mampu menumbuhkan sikap sosialisasi diantara peserta didik. Berdasarkan hasil analisis kreativitas pendidik di Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember memiliki adanya kontribuasi dalam meningkatkan perkembangan sosial anak. Kontribusi kreativitas Person pendidik pendidik dapat dilihat dari kepribadian pendidik dalam menghadapi setiap tingkah laku peserta didik, kontribusi Process kreativitas pendidik dapat dilihat dari berbagai macam cara yang pendidik berikan guna meningkatkan perkembangan sosial peserta didik, serta semangat (Press) pendidik dalam mengikuti kegiatan yang meningkatkan kreativitas pendidik guna menciptakan Product pembelajaran yang sesuai. Berdasarkan penelitian terdapat beberapa saran diantaranya bagi program studi Pendidikan Luar Sekolah untuk terus mengembangkan metode serta sarana pendidikan guna melatih serta mencetak calon pendidik yang lebih kreatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4242
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15368]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository