• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI (3D) DI PLAY GROUP “PUSPA HATI” KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Citra Asrining Puri - 080210201038_1.pdf (642.9Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Citra Asrining Puri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kreativitas merupakan salah satu potensi yang dimiliki anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Setiap anak memiliki bakat kreatif, dan ditinjau dari segi pendidikan, bakat kreatif dapat dikembangkan dan perlu dipupuk sejak usia dini. Meningkatkan kreativitas anak usia dini, diperlukan faktor yang mendukung diantaranya adalah adanya media pembelajaran yang membantu proses kreativitas anak usia dini salah satunya media pembelajaran tiga dimensi. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran tiga dimensi di Play Group “Puspa Hati“ Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran tiga dimensi di Play Group “ Puspa Hati”. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan baru bagi peneliti serta bahan referensi bagi universitas, lembaga, program studi PLS, maupun mahasiswa PLS khususnya bidang konsentrasi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dikarenakan hanya ingin mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran tiga dimensi di. Daerah penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Play Group “Puspa Hati” Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dengan informan kunci yang terdiri dari para guru yang ada di Play Group “Puspa Hati”dan informan pendukung yang terdiri dari kepala sekolah, orangtua dari peserta didik, serta para peserta didik Play Group “Puspa Hati”. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder yang digunakan untuk melengkapi data primer adalah dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah melalui tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi yang dilakukan sebelum dan selama di lapangan. Berdasarkan data hasil wawancara dan hasil observasi, dapat diketahui bahwa meningkatkan kreativitas seorang individu, diperlukan berbagai cara untuk mengembangkan kreativitas tersebut, diantaranya adalah melalui media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana perantara dalam proses pembelajaran. Play Group “Puspa Hati” mempunyai berbagai macam media pembelajaran yang digunakan dengan tujuan untuk membantu tahap-tahap perkembangan peserta didik agar dapat tumbuh secara optimal terutama kreativitasnya. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran tiga dimensi yang terdiri dari dua jenis, yaitu media benda nyata dan media benda tiruan. Anak yang kreatif selalu mempunyai rasa ingin tahun yang besar terhadap pengalaman-pengalaman yang baru. Adanya media pembelajaran tiga dimensi, anak tidak hanya menggunakan indera penglihatan saja akan tetapi alat indera yang lain juga dapat berfungsi dengan baik. Adanya hal tersebut, dapat melatih daya kreativitas anak usia dini yang meliputi kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berperilaku kreatif dan dipengaruhi oleh media pembelajaran tiga dimensi. Kesimpulan dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa media pembelajaran tiga dimensi merupakan media pembelajaran yang efektif dan baik bagi peningkatan kreativitas anak usia dini serta perkembangan anak usia dini seperti perkembangan kognitif, motorik(motorik halus maupun motorik kasar) dan bahasa, karena memberikan pembelajaran secara langsung terhadap pengalamanpengalaman yang juga melibatkan seluruh panca indera anak usia dini. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah terus meningkatkan kreativitas peserta didik dengan tidak hanya menggunakan media pembelajaran tiga dimensi sebagai media pembelajaran, melainkan menggunakan media pembelajaran yang lain yang juga menunjang kreativitas anak usia dini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4218
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository