Show simple item record

dc.contributor.authorCitra Asrining Puri
dc.date.accessioned2013-12-04T14:27:55Z
dc.date.available2013-12-04T14:27:55Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210201038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4218
dc.description.abstractKreativitas merupakan salah satu potensi yang dimiliki anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Setiap anak memiliki bakat kreatif, dan ditinjau dari segi pendidikan, bakat kreatif dapat dikembangkan dan perlu dipupuk sejak usia dini. Meningkatkan kreativitas anak usia dini, diperlukan faktor yang mendukung diantaranya adalah adanya media pembelajaran yang membantu proses kreativitas anak usia dini salah satunya media pembelajaran tiga dimensi. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran tiga dimensi di Play Group “Puspa Hati“ Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran tiga dimensi di Play Group “ Puspa Hati”. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan baru bagi peneliti serta bahan referensi bagi universitas, lembaga, program studi PLS, maupun mahasiswa PLS khususnya bidang konsentrasi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dikarenakan hanya ingin mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran tiga dimensi di. Daerah penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Play Group “Puspa Hati” Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dengan informan kunci yang terdiri dari para guru yang ada di Play Group “Puspa Hati”dan informan pendukung yang terdiri dari kepala sekolah, orangtua dari peserta didik, serta para peserta didik Play Group “Puspa Hati”. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder yang digunakan untuk melengkapi data primer adalah dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah melalui tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi yang dilakukan sebelum dan selama di lapangan. Berdasarkan data hasil wawancara dan hasil observasi, dapat diketahui bahwa meningkatkan kreativitas seorang individu, diperlukan berbagai cara untuk mengembangkan kreativitas tersebut, diantaranya adalah melalui media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana perantara dalam proses pembelajaran. Play Group “Puspa Hati” mempunyai berbagai macam media pembelajaran yang digunakan dengan tujuan untuk membantu tahap-tahap perkembangan peserta didik agar dapat tumbuh secara optimal terutama kreativitasnya. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran tiga dimensi yang terdiri dari dua jenis, yaitu media benda nyata dan media benda tiruan. Anak yang kreatif selalu mempunyai rasa ingin tahun yang besar terhadap pengalaman-pengalaman yang baru. Adanya media pembelajaran tiga dimensi, anak tidak hanya menggunakan indera penglihatan saja akan tetapi alat indera yang lain juga dapat berfungsi dengan baik. Adanya hal tersebut, dapat melatih daya kreativitas anak usia dini yang meliputi kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berperilaku kreatif dan dipengaruhi oleh media pembelajaran tiga dimensi. Kesimpulan dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa media pembelajaran tiga dimensi merupakan media pembelajaran yang efektif dan baik bagi peningkatan kreativitas anak usia dini serta perkembangan anak usia dini seperti perkembangan kognitif, motorik(motorik halus maupun motorik kasar) dan bahasa, karena memberikan pembelajaran secara langsung terhadap pengalamanpengalaman yang juga melibatkan seluruh panca indera anak usia dini. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah terus meningkatkan kreativitas peserta didik dengan tidak hanya menggunakan media pembelajaran tiga dimensi sebagai media pembelajaran, melainkan menggunakan media pembelajaran yang lain yang juga menunjang kreativitas anak usia dini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201038;
dc.subjectKreativitas, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran Tiga Dimensi, lay Group “Puspa Hati“en_US
dc.titlePENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI (3D) DI PLAY GROUP “PUSPA HATI” KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record