• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DIAGNOSIS PROFIL BUDAYA ORGANISASI PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN COMPETING VALUES FRAMEWORK (STUDI PADA PUSKESMAS MANGLI, PUSKESMAS JEMBER KIDUL DAN PUSKESMAS PANTI DI KABUPATEN JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Yasmin Alissa.pdf (342.2Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Yasmin Alissa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan mutu yang baik dan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Dalam rangka menjamin masyarakat terhadap akses pelayanan kesehatan dasar di Peemerintah Daerah yaitu Puskesmas sesuai dengan ukuran-ukuran yang ditetapkan Pemerintah, maka diterapkannya Standar Pelayanan Minimal (SPM) (Depkes, 2008). Salah satu SPM kesehatan yang ditetapkan adalah SPM tingkat kunjungan rawat jalan (visit rate) pada Puskesmas. Trend visit rate Puskesmas di Kabupaten Jember tahun 2007 sebesar 41,54%, tahun 2008 sebesar 41,01%, tahun 2009 sebesar 46,65% dan tahun 2010 sebesar 48,95%. Trend tersebut masih belum memenuhi SPM Kabupaten Jember yaitu sebesar 50% pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 dan sebesar 60% pada tahun 2010. Capaian tingkat kujungan rawat jalan rata-rata di seluruh Puskesmas di Kabupaten Jember cenderung meningkat dengan tahun 2010. Namun, nilai tersebut masih berada di bawah SPM Visit Rate (60% pada tahun 2010). Dapat dilihat seberapa besar masyarakat memanfaatkan Puskesmas adalah salah satunya dari nilai vist rate (tingkat kunjungan rawat jalan) tersebut. Rendahnya capaian pelayanan dalam hal ini belum tercapainya SPM visit rate tersebut oleh Puskesmas dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor pesaing, faktor lingkungan, faktor masyarakat, dan faktor budaya organisasi (Yuniar, 2007). Dalam hal ini Cameron dan Quinn (2000) telah mengembangkan suatu kerangka untuk mendiagnosis profil budaya suatu organisasi yang dinamakan dengan teori ‘Competing Values Framework’. Oleh karena itu, analisis terhadap profil budaya organisasi Puskesmas menjadi strategis untuk perencanaan personel, perbaikan kinerja, maupun evaluasi program kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis profil budaya organisasi Puskesmas dengan menggunakan pendekatan Competing Values Framework yang meliputi kajian atribut budaya organisasi, jenis budaya dominan, dan intepretasi keefektifan budaya organisasi berdasarkan pendekatan tersebut pada tiga Puskesmas pilihan berdasarkan capaian SPM Visit Rate tahun 2010. Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Mangli dengan visit rate 97,26%, Puskesmas Jember Kidul dengan visit rate 60,01%, dan Puskesmas Panti dengan visit rate 18,94% . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan berdasarkan waktunya menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 44 sampel dari ketiga Puskesmas pilihan yang diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh selanjutnya dikaji menggunakan pendekatan competing values framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi dominan yang dimiliki masing-masing Puskesmas untuk situasi saat ini adalah tipe budaya market pada Puskesmas Mangli, tipe budaya clan pada Puskesmas Jember Kidul, dan tipe budaya hierarchy pada Puskesmas Panti. Sedangkan untuk situasi mendatang, ketiga Puskesmas memiliki harapan tipe budaya yang sama yaitu tipe budaya clan. Masingmasing tipe budaya tersebut menunjukkan keefektifitan organisasi yang berbeda berdasarkan kajian intepretasi kekuatan budaya, ketidaksesuaian, keserasian, perbandingan budaya dan strategi perubahan budaya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4128
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2330]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • DIAGNOSIS PROFIL BUDAYA ORGANISASI PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN COMPETING VALUES FRAMEWORK (STUDI PADA PUSKESMAS MANGLI, PUSKESMAS JEMBER KIDUL DAN PUSKESMAS PANTI DI KABUPATEN JEMBER) 

      Yasmin Alissa (2014-01-22)
      Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan mutu yang baik dan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Dalam rangka menjamin ...
    • DIAGNOSIS PROFIL BUDAYA ORGANISASI PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN COMPETING VALUES FRAMEWORK (STUDI PADA PUSKESMAS MANGLI, PUSKESMAS JEMBER KIDUL DAN PUSKESMAS PANTI DI KABUPATEN JEMBER) 

      Yasmin Alissa (2013-12-04)
      Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan mutu yang baik dan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Dalam rangka menjamin ...
    • Perbedaan kualitas pelayanan antara Puskesmas Kepanjenkidul yang menerapkan citizen’s charter dengan Puskesmas Kademangan yang tidak menerapkan citizen’s charter (Studi Perbandingan Pasien Rwat Jalan di Puskesmas Kepanjenkidul dan Puskesmas Kademangan) 

      Novita Endriani (2013-12-19)
      Kualitas pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat adalah pemberian layanan yang sesuai dengan harapan dan keinginan mereka melebihi standar pelayanan yang ada. Namun pada saat ini apa yang menjadi dari keinginan mereka ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository