• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN BATAS KECEPATAN MAKSIMUM KENDARAAN PADA BEBERAPA JALAN DI KOTA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    NABILA WACHDIN - 091910301014_1.pdf (214.8Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    NABILA WACHDIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan pada beberapa ruas jalan di Kota Jember, yaitu jalan Gajah Mada, Sultan Agung, Trunojoyo, PB. Sudirman dan Slamet Riyadi. Untuk menentukan jumlah sampel kendaraan yang akan digunakan untuk survei kecepatan yaitu dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk menentukan batas kecepatan maksimum digunakan kecepatan 85 vii th percentile dari seluruh data kecepatan yang diperoleh dari survei. Kecepatan 85 th percentile adalah kecepatan pada atau dibawah 85% dari lalu lintas bergerak. Sedangkan 15% dari pengendara mengemudi diatas kecepatan yang lain. Kecepatan kendaraan yang berbeda dari rata-rata kecepatan kendaraan lain akan semakin beresiko untuk mengalami kecelakaan. Penggunaan metode ini dikarenakan kecepatan 85 percentile merupakan tingkat paling aman ketika pengguna kendaraan diatur menggunakan kecepatan 85 th percentile. Rambu batas kecepatan maksimum pada Jalan Gajah Mada (arah luar kota) yaitu 40 km/jam, pada Jalan Gajah Mada (arah kota) yaitu 40 km/jam, pada Jalan Sultan Agung yaitu 30 km/jam, pada Jalan Trunojoyo yaitu 30 km/jam, pada Jalan PB. Sudirman yaitu 40 km/jam, dan pada Jalan Slamet Riyadi yaitu 40 km/jam. th Namun kondisi di lapangan menunjukkan banyak terjadi pelanggaran batas kecepatan, dimana kecepatan kendaraan 85 th percentile pada Jalan Gajah Mada (arah luar kota) yaitu 50 km/jam, pada Jalan Gajah Mada (arah kota) yaitu 50 km/jam, pada Jalan Sultan Agung yaitu 50 km/jam, pada Jalan Trunojoyo yaitu 40 km/jam, pada Jalan PB. Sudirman yaitu 50 km/jam, dan pada Jalan Slamet Riyadi yaitu 50 km/jam. Berdasarkan kondisi lapangan yang ada, maka jalan yang mengalami perubahan batas kecepatan adalah Jalan Sultan Agung dan Jalan Trunojoyo. Usulan batas kecepatan baru untuk kedua jalan tersebut adalah 40 km/jam. Sedangkan untuk Jalan Gajah Mada, PB. Sudirman, dan Slamet Riyadi tetap menggunakan rambu batas kecepatan yang ada, tidak mungkin menaikkan rambu batas kecepatan menjadi 50 km/jam karena dikhawatirkan dengan menaikkan rambu batas kecepatan justru dapat meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan tersebut. Pemasangan speed trap dipilih sebagai pengganti pemasangan usulan batas kecepatan yang baru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3924
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4242]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository