• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN M-APOS DENGAN SIKLUS ADL DALAM MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII E SMPN 7 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Desi Wahyuningtyas - 090210101029_1.pdf (147.5Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Desi Wahyuningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar mengajar di sekolah cenderung berpusat pada guru sehingga siswa pasif mendengarkan dan menyalin. Selain itu, pada umumnya aktifitas siswa masih kurang karena kurangnya tanya jawab baik antar siswa dengan siswa maupun antar siswa dengan guru. Mereka merasa malu dan takut untuk bertanya apabila ada suatu materi yang belum dimengerti. Selain itu siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita diantaranya kesalahan penggunaan data, kesalahan penggunaan teorema atau definisi, kesalahan teknis, dan kesalahan selain ketiga kesalahan tersebut. Salah satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi tersebut adalah melalui penerapan pembelajaran MAPOS karena dengan pembelajaran M-APOS, guru dapat mengetahui proses tahapan berpikir siswa Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran M-APOS pada subpokok bahasan volume Kubus dan Balok, aktivitas siswa di kelas VIII E SMP Negeri 7 Jember selama penerapan pembelajaran M-APOS, dan mengetahui persentase jenis kesalahan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Jember yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap. Empat tahap tersebut terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. vii Pada pembelajaran siklus I diperoleh hasil analisis data yang meliputi aktivitas guru dan siswa, serta persentase jenis kesalahan. Persentase aktivitas guru yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat aktif dan persentase aktivitas siswa juga termasuk dalam kategori sangat aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I, pada tes akhir siklus I diperoleh persentase jenis kesalahan yang termasuk dalam kategori kecil pada kesalahan penggunaan data dan kesalahan penggunaaan teorema, cukup tinggi pada kesalahan teknis, dan sangat kecil pada jawaban kosong. Pada pembelajaran siklus II juga diperoleh hasil analisis data yang meliputi aktivitas guru dan siswa, serta persentase jenis kesalahan. Persentase aktivitas guru dan siswa yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus II, pada tes akhir siklus II diperoleh persentase jenis kesalahan yang termasuk dalam kategori kecil pada kesalahan tehnik dan sangat kecil pada kesalahan penggunaan data, kesalahan penggunaan teorema serta jawaban kosong. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran M-APOS dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran dan dapat mengatasi kesalahan siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume Kubus dan Balok.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3456
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository