SRA-Education: Recent submissions
Now showing items 101-120 of 1352
-
MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN GELOMBANG DI SMA/MA (Studi Pada Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa)
(UNEJ, 2016)Artikel ini melaporkan hasil mengujicobakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran gelombang di SMA/MA. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided ... -
PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 MUMBULSARI
(UNEJ, 2016)Kepala Sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk membantu guru-guru dalam memperbaiki situasi pembelajaran serta mempunyai peran untuk memajukan dan mengembangkan sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini ... -
TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
(UNEJ, 2016)Tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Jember dipilih sebagai objek penelitian karena tindak tutur bertanya merupakan tindak tutur yang dominan dalam proses pembelajaran. Tujuan ... -
Pengaruh Strategi Learning Start with a Question (LSQ) melalui Lesson Study terhadap Metakognisi Siswa (Kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Dalam proses pembelajaran siswa lebih cenderung untuk menghafal informasi bukan memahami, hal tersebut menyebabkan siswa cenderung diam, kurang aktif dan malu dalam bertanya. Peran serta guru seharusnya mampu membuat siswa ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan globalisasi pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember semester ... -
Pengembangan Paket Tes Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X TKJ SMK Materi Sistem Persamaan Linier
(UNEJ, 2016)Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan paket tes matematika berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X TKJ SMK materi sistem persamaan linier. Penelitian ini merupakan penelitian ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Banyuwangi
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis potensi keunggulan lokal kabupaten Banyuwangi. Keunggulan lokal yang dimanfaatkan adalah tradisi dan ... -
MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTION, DOING, DAN EVALUATING (MPIDE) DENGAN PHET PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(UNEJ, 2016)Pembelajaran fisika menurut kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang memuntut siswa aktif dalam mengobservasi, membandingkan, dan membentuk konsep. Maka guru harus mempertimbangkan model dan media yang efektif ... -
MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTION, DOING, DAN EVALUATING (MPIDE) DENGAN PHET PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(UNEJ, 2016)MPIDE mencakup kegiatan ilmiah dan penggunaan PhET dapat merepresentasi kegiatan membentuk konsep sebagai media praktikum. Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah PhET dalam MPIDE yang efektif pada pembelajaran fisika ... -
Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Materi Konsep Pecahan dan Urutannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn Puger Kulon 03 Tahun Ajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Puger Kulon 03 dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode penemuan terbimbing. Hal ini dikarenakan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran ... -
PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP DENGAN APLIKASI PREZI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIID MTS AL-BADRI MATA PELAJARAN IPS MATERI KELEMBAGAAN SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIID MTs Al-Badri tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPS materi kelembagaan sosial melalui penggunaan media Mind Map dengan ... -
PELATIHAN PEMBUATAN KERAJINAN DARI LIMBAH BATANG POHON SINGKONG UNTUK MEMBERIKAN KETERAMPILAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI DESA TAMAN KECAMATAN GRUJUGAN KABUPATEN BONDOWOSO
(UNEJ, 2016)Pelatihan pembuatan kerajianan dari limbah batang pohon singkong ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan keterampilan bagi remaja putus sekolah Desa Taman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini ... -
Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan Ekspositori di Kelas VIII MTs Negeri Jember 1
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining) dan siswa yang diajar menggunakan ... -
Heterogenitas Kemampuan Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Leader-TRACE
(UNEJ, 2016)Kemampuan siswa yang tidak homogen dalam kelas adalah salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan tingkat heterogenitas kemampuan siswa di kelas sehingga membutuhkan pengembangan model ... -
PENERAPAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER (KELAS X SMA NEGERI ARJASA)
(UNEJ, 2016)This study aimed to determine the effect of PBI model with student worksheet based based multiple representation of student’s physics learning achievement uses cognitive, affective, psychomotor and science process skills ... -
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN IPA TOPIK ENERGI ALTERNATIF BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERSAMA ALAM UNTUK KELAS IV SDN PAKIS 3, JEMBER.
(UNEJ, 2016)embelajaran IPA menuntut pelaksanaanya dilakukan secara inkuari, hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan lebih mendalam. Melalui pembelajaran bersama alam siswa didorong untuk menemukan ... -
PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LEARNING DISERTAI METODE PEMECAHAN MASALAH POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI SMA
(UNEJ, 2016)Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan aktifitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model problem solving learning disertai metode pemecahan masalah Polya dan (2) mengkaji pengaruh ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan ... -
PENGGUNAAN DIODA JENIS LED (LIGHT EMITING DIODE) PADA PEMBUATAN SEL SURYA SEDERHANA BERBASIS BAHAN SEMIKONDUKTOR
(UNEJ, 2016)Natural energy is very dependent on energy Human Needs one that is in need of modern man is the Electrical Energy. Energy Needs of electricity is currently only gained from burning carbon so that should be a Solution To ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN METODE PRAKTIKUM DISERTAI LKS BERBASIS MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN 1 JEMBER
(UNEJ, 2016)The objective of this research is to study instructional model cooperative type Think Pair and Share with experiment method assisted by multi representation based student worksheet influences to representation skills of ...