• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Learning Start with a Question (LSQ) melalui Lesson Study terhadap Metakognisi Siswa (Kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    DEA AJENG PRAVITA SUENDI.odt (259.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Dea Ajeng Pravita Suendi
    Suratno
    Mochammad Iqbal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam proses pembelajaran siswa lebih cenderung untuk menghafal informasi bukan memahami, hal tersebut menyebabkan siswa cenderung diam, kurang aktif dan malu dalam bertanya. Peran serta guru seharusnya mampu membuat siswa belajar lebih aktif dengan bertanya dalam berdiskusi dan mampu memecahkan permasalahan sendiri oleh karena itu, untuk menciptakan suasana pembelajaran aktif dalam kelas diperlukan suatu strategi pembelajaran aktif. Salah satu dari strategi pembelajaran aktif yang menekankan siswa mampu bertanya sebelum ada penjelasan dari guru adalah strategi LSQ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi LSQ melalui lesson study terhadap metakognisi siswa pada kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengukuran metakognisi, dokumentasi, wawancara. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian control group pre-test post-test, rancangan ini telah ada kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol, subjek dipilih dengan metode random sampling dan didapatkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian kuasi eksperimen menunjukkan bahwa diperoleh hasil pada strategi LSQ melalui lesson study berpengaruh signifikan terhadap metakognisi siswa dengan rerata kelas eksperimen sebesar 10,6 dan kelas kontrol sebesar 4,4.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77260
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository