Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis potensi keunggulan lokal kabupaten Banyuwangi. Keunggulan lokal yang dimanfaatkan adalah tradisi dan kebudayaan suku Osing. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKS dan THB. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII A SMPN 2 Genteng. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket dan THB. Hasil menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan efektif. Dinyantakan valid oleh validator dengan nilai rata-rata 83,3% dan juga dinyatakan efektif karena siswa dapat memenuhi standar ketuntasan minimum yaitu 75,00 dan respon siswa positif.
Collections
- SRA-Education [1352]