Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping di kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tahapan siklus meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari aktivitas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,68%. Pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif. Pada aspek kognitif, peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 34,2. Siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 31,5, dan pada prasiklus ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 65,6. Sedangkan pada peningkatan aspek afektif dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,8%. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah.
Collections
- SRA-Education [1352]