Browsing SRA-Education by Author "Yayuk Mardiati"
Now showing items 1-14 of 14
-
ENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kurnia Herawati; Sulthon Mashyud; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2016)Proses pembelajaran IPS tidak hanya mengarahkan siswa untuk menghafal konsep-konsep saja. Siswa diharapkan memiliki wawasan berpikir yang beragam sehingga mereka dapat mempelajari IPS sebagai konsep dan dapat mengaplikasikan ... -
Penerapan Metode Diskusi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Meneladani Kepahlawanan dan Patriotisme di Kelas IV SDN Gebang 01 Jember
Findhi Prawitasari; Muhtadi Irvan; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2016)Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan metode diskusi dengan media gambar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan meneladani kepahlawanan dan ... -
Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Grenden 01 Jember
Nur Khikmalasari; Yayuk Mardiati; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember melalui penerapan metode Guided Note Taking dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik ... -
Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan
Putri Nur Laily Rahmawati; Imam Muchtar; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jumlah siswa kelas V adalah 14 orang. Jumlah siswa laki-laki ada 6 siswa, dan siswa ... -
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial SDN 2 Bulurejo Banyuwangi
Widyaning Tyastutik; Muhtadi Irvan; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER
Novi Dwi Ratna Putri; Imam Muchtar; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN HINDU BUDDHA DI INDONESIA DI SDIT NURUL ANSHAR SITUBONDO
Ermi Herawati; Yayuk Mardiati; Muhtadi Irvan (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDIT Nurul Anshar Situbondo dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament Hal ini ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBER
Dwi Nur Aini; Yayuk Mardiati; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar yang masih tergolong kurang pada kelas IV B di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam ... -
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media Video untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Globalisasi di Kelas IV SDN Tugusari 04 Jember
Ratih Ayu Wulandari; Yayuk Mardiati; Muhtadi Irvan (UNEJ, 2015)Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai salah satu ilmu dasar di sekolah yang mempunyai peranan penting dalam rangka upaya mencetak generasi bangsa yang mempunyai budi pekerti dan kepribadian yang unggul sebagai warga ... -
Penerapan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03 Ambulu
Novita Diah Nurmala; Yayuk Mardiati; Sihono (UNEJ, 2016)Hakikat pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization adalah suatu model ... -
Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Globalisasi Semester 2 di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember
Vindi Amelyana Putri; Yayuk Mardiati; Syarifuddin (UNEJ, 2016)PKn merupakan mata pelajaran yang menfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Problem-based ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Jember
Ilma Mifta Utami; Muhtadi Irvan; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2016)Hakikat pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan konsep pemikiran yang berdasarkan realita kondisi sosial yang ada di lingkungan. Strategi pembelajaran peta konsep berbantuan media gambar adalah suatu strategi pembelajaran ... -
Pengaruh Model Open-Ended Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kesehatan di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016
M Azhari Ryan Kusuma, Yayuk Mardiati, Chumi Zahroul Fitriyah; M Azhari Ryan Kusuma; Yayuk Mardiati; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Perkembangan mata pelajaran IPS di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu, mata pelajaran IPS dirancang ... -
Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk Kelas V SD
Novita Alfiyani; Yayuk Mardiati; Khutobah (UNEJ, 2015)Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian materi yang bersifat abstrak agar menjadi lebih konkret dan mudah dipelajari siswa, seperti materi detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak dapat ...